Search

Genjot Produktivitas Buah Lokal, Begini Upaya Dinas TPH - Tribun Medan

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Berdasarkan data rekapitulasi angka sementara produksi buah-buahan tahun 2018, Sumatera Utara telah memproduksi 912.265ton buah-buahan.

Jenisnya berbagai macam seperti alpukat, belimbing, duku/langsat, durian, jambu biji, jambu air, jeruk siam, dan sebagainya.

"Namun memang yang mendominasi adalah durian, jeruk siam, nenas, pisang, salak, dan beberapa buah lainnya," ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara, Dahler, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya dalam membudidayakan buah-buahan, petani masih melihat kebutuhan pasar. Selain itu musim juga menjadi penentu produktivitas buah-buahan di Sumut

"Kalau harganya bagus, petani ini akan melakukan perawatan terhadap tanaman. Kalau perawatannya bagus otomatis produktivitasnya akan meningkat," ujarnya.

"Kalau musim kemarau misalnya, air menipis produktivitas buah-buahan juga akan turut mengalami penurunan," lanjutnya.

Selama ini menurut Dahler sudah dilakukan upaya agar petani menanam buah. Salah satunya dengan pemberian bibit buah-buahan kepada petani.

"Ada komoditas-komoditas tertentu yang merupakan unggulan suatu daerah. Nah biasanya ini menjadi perhatian. Petani akan diberikan bantuan bibit misalnya," jelasnya.

Dengan pemberian bantuan seperti ini diharapkan  bisa meningkatkan minat dari petani untuk membudidayakan dan merawat komoditas tersebut.

Hasilnya akan turut meningkatkan produktivitas buah-buahan.

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
September 10, 2019 at 07:50PM
https://ift.tt/2ZVhvbG

Genjot Produktivitas Buah Lokal, Begini Upaya Dinas TPH - Tribun Medan
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Genjot Produktivitas Buah Lokal, Begini Upaya Dinas TPH - Tribun Medan"

Post a Comment

Powered by Blogger.