Search

UGM Kembangkan Buah Tak Kenal Musim - Suara Merdeka CyberNews


UGM Kembangkan Buah Tak Kenal Musim

Budi Setiadi Daryono. (suaramerdeka.com / dok)
Budi Setiadi Daryono. (suaramerdeka.com / dok)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Fakultas Biologi UGM terus berinovasi dan melakukan riset dalam mengembangkan buah-buahan unggul tanpa mengenal musim. Dekan Fakultas Biologi UGM, Prof Dr Budi Setiadi Daryono MAgr Sc mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan riset untuk mengembangkan teknik optimalisasi panen buah tanpa harus mengikuti musim panen.

"Kami lakukan penelitian untuk memanen buah di luar musimnya. Langkah tersebut perlu diupayakan sebab Indonesia merupakan negara megabiodiversitas yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi termasuk kaya akan ragam buah-buahan tropika," ujar Budi.

Ia mengatakan sebagian besar buah-buahan hanya berbuah pada musim tertentu. Karenanya, inovasi dan pengembangan teknologi untuk membuat tanaman bisa panen di luar musim penting dilakukan. Saat ini, Fakultas Biologi telah memulai riset pada tanaman tropis seperti durian, kelengkeng, pete dan jengkol. Selain itu juga pada tanaman melon yang sudah dimplementasikan di Gunungkidul.

Tak hanya melakukan riset pada tanaman musiman, UGM juga melakukan riset pada tanaman yang tidak hanya diproduksi sebagai jamu tetapi juga obat dengan menggandeng sejumlah mitra. Beberapa di antaranya buah merah, jeruk dan teh.


(Agung Priyo Wicaksono/CN26/SM Network)

Berita Terkait

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
September 25, 2019 at 10:36AM
https://ift.tt/2lmkZSy

UGM Kembangkan Buah Tak Kenal Musim - Suara Merdeka CyberNews
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "UGM Kembangkan Buah Tak Kenal Musim - Suara Merdeka CyberNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.