Search

5 Buah yang Harus Dihindari saat Hamil Muda dan Alasannya - Popmama.com

Semua boleh saja, asal tidak berlebihan

29 Desember 2019

5 Buah Harus Dihindari saat Hamil Muda Alasannya
parenting.firstcry.com

Buah sangat baik untuk ibu hamil. Namun ada beberapa yang sebaiknya dihindari, terutama saat hamil muda. 

Salah satu makanan yang sering dipilih para ibu hamil muda adalah buah. Rasanya yang segar bisa mengurangi rasa mual dan nutrisinya bisa memenuhi asupan harian. 

Namun sayangnya, tidak semua buah bisa aman dimakan oleh ibu hamil. Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui buah apa saja yang dilarang dan apa alasannya, seperti yang telah disusun oleh Popmama.com.

1. Durian boleh dikonsumsi asal tidak berlebihan

1. Durian boleh dikonsumsi asal tidak berlebihan
Freepik/topntp26

Banyak yang mengatakan bahwa durian adalah buah yang tidak boleh disentuh oleh ibu hamil. Buah berbau tajam ini dipercaya bisa memicu keguguran, pendarahan berlebih saat persalinan, dan cacat saat bayi lahir. 

Padahal, buah ini mengandung banyak senyawa yang sehat. Beberapa di antaranya adalah organo-sulfur dan tryptophan, antioksidan, antimikroba, serta antibakteri. Di mana zat-zat ini baik untuk ibu hamil. 

Namun yang harus diperhatikan adalah porsi konsumsinya. Buah ini boleh dikonsumsi asal tidak berlebihan. Setidaknya Mama boleh mencicipinya saja. 

Untuk ibu hamil yang menderita diabetes atau tekanan darah tinggi, sebaiknya menghindari buah yang satu ini karena bisa memperparah penyakit tersebut. 

2. Pepaya muda yang bahaya

2. Pepaya muda bahaya
Unsplash/Antonio Jose Cespedes

Ibu hamil sering dilarang makan pepaya karena dianggap bisa memicu sakit perut sebelum melahirkan. Bahkan dipercaya juga menyebabkan keguguran. 

Tapi, pepaya jenis apa yang dilarang? Ternyata, pepaya muda memang bahaya untuk ibu hamil. Ini dikarenakan pepaya yang kulitnya masih hijau mengandung lateks dan papain yang tinggi. 

Lateks dalam buah ini dapat menyebabkan kontraksi rahim sehingga memicu persalinan dini. Selain itu, lateks juga memicu alergi yang berbahaya untuk ibu hamil. 

Sedangkan papain dalam pepaya muda memiliki efek yang menginduksi atau merangsang persalinan. Jadi ada baiknya untuk tidak memakan pepaya muda yang biasanya ada di dalam potongan rujak buah ya, Ma. 

Namun, pepaya matang yang kulitnya sudah menguning atau oranye malah baik untuk ibu hamil. Di mana buah ini mengandung beragam vitamin seperti folat dan vitamin A yang baik untuk ibu hamil. 

Editors' Picks

3. Nanas tidak bahaya asal dikonsumsi dalam jumlah wajar

3. Nanas tidak bahaya asal dikonsumsi dalam jumlah wajar
Freepik

Satu lagi buah yang dianggap bahaya untuk ibu hamil adalah nanas. Mengonsumsi nanas saat hamil dipercaya bisa menyebabkan keguguran dan melahirkan bayi dengan kondisi cacat. 

Semua anggapan itu mungkin berasal dari kandungan enzim bromelain yang dimiliki nanas. Bromelain dalam bentuk tablet memang bahaya untuk ibu hamil karena bisa mengganggu keseimbangan protein tubuh dan menyebabkan pendarahan. 

Namun bromelain dalam nanas cukup rendah dan tak sampai memengaruhi kondisi ibu hamil serta janin. Jika dikonsumsi secara wajar, nanas sebenarnya sangat baik untuk ibu hamil. 

Buah nanas mengandung banyak vitamin C dan zat besi yang baik untuk ibu hamil. Tapi ada baiknya jangan terlalu banyak karena bisa meningkatkan asam lambung. 

4. Nangka dikonsumsi sekadarnya saja

4. Nangka dikonsumsi sekadar saja
Pixabay/Dezalb

Menurut mitos, nangka tidak baik dikonsumsi saat hamil karena bisa menyulitkan proses persalinan dan menyebabkan bayi lahir dengan cacat. Ada juga yang menyebutkan bahwa nangka menyebabkan keguguran. 

Faktanya, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan mitos tersebut. Jadi, Mama masih boleh mengonsumsinya. 

Nangka justru mengetahui mengandung beragam vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil. Namun ada baiknya untuk mengonsumsi sekadarnya saja karena bisa memengaruhi kadar gula darah. 

Untuk ibu hamil yang menderita diabetes, lebih baik mengindarinya dulu, ya. 

Selain itu, Mama harus jeli saat mengonsumsi buah yang satu ini. Hindari makan nangka yang terlalu matang karena mengandung alkohol yang tidak baik untuk ibu hamil. 

5. Pare tak masalah dikonsumsi asal...

5. Pare tak masalah dikonsumsi asal...
Pixabay/VitaminaMov

Meski sering dijadikan sayur, namun sebenarnya pare berasal dari kelompok buah-buahan. Pare dipercaya bisa menyebabkan kontraksi rahim sehingga sering dilarang untuk ibu hamil. 

Ini berasal dari kebiasaan pengobatan tradisional yang menggunakan pare untuk aborsi kandungan. 

Sampai saat ini belum ada studi yang menyebutkan pare bisa jadi penyebab keguguran. Jadi ibu hamil yang ngidam pare boleh saja mengonsumsinya. Ada baiknya mengonsumsinya dalam jumlah wajar. 

Indonesia memiliki banyak jenis buah yang lezat dan bergizi tinggi. Untuk memenuhi nutrisi harian Mama, ada baiknya mengonsumsi buah yang aman dan bergizi untuk ibu hamil seperti apel, pisang, dan jeruk. 

Badan sehat, perut kenyang, hati pun bebas dari rasa khawatir.

Baca juga:

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
December 29, 2019 at 04:00PM
https://ift.tt/2u2RzNd

5 Buah yang Harus Dihindari saat Hamil Muda dan Alasannya - Popmama.com
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Buah yang Harus Dihindari saat Hamil Muda dan Alasannya - Popmama.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.