Search

Benarkah Makan Buah Harus saat Perut Kosong? Ini Faktanya - Suara.com

Suara.com - Biasanya orang yang menjalani diet demi menurunkan berat badan akan lebih banyak makan buah-buahan. Selain itu, mereka juga mengatur waktu yang dianggap tepat untuk mengonsumsi buah-buahan.

Namun, ternyata sebenanya tidak ada waktu terbaik untuk makan buah-buah. Hal itu karena Anda bisa mendapat manfaat kesehatan dari buah-buahan sepanjang hari.

Sejauh ini, banyak orang mengira waktu terbaik mengonsumsi buah-buahan ketika sore hari dan dalam kondisi perut kosong. Faktanya, tidak ada bukti yang mendukung anggapan tersebut.

"Tidak ada waktu yang baik atau buruk untuk makan buah-buahan. Buah-buahan itu sehat dan bergizi sehingga baik dikonsumsi setiap waktu. Anda bisa mengonsumsinya saat perut kosong atau setelah makan," jelas dr Rupali Datta, konsultan ahli gizi, dikutip dari NDTV.

Sebelumnya, banyak ahli mengklaim bahwa orang harus mengonsumsi buah-buahan saat perut kosong. Menurut mereka, konsumsi buah setelah makan bisa memperlambat pencernaan dan menyebabkan buah berada di sistem pencernaan lebih alami.

Ada buah-buahan yang bisa membuat perut Anda kenyang lebih lama. (Shutterstock)
Ada buah-buahan yang bisa membuat perut Anda kenyang lebih lama. (Shutterstock)

Selain itu, makan buah saat perut kosong juga bisa menyebabkan gas dan ketidaknyamanan. Sementara itu, serat dalam makanan mungkin juga butuh waktu lama untuk keluar dari sistem pencernaan.

Faktanya, serat dalam buah membuat pencernaan lebih lama merasa kenyang. Jadi, cara ini mencegah Anda makan berlebihan atau konsumsi makanan lain setelahnya.

Di sisi lain, ada pula penelitian yang mengklaim seseorang tidak seharusnya makan buah-buahan saat perut kosong. Hal itu karena cara ini bisa meningkatkan produksi asam di lambung.

Benarkah Makan Buah Harus saat Perut Kosong? Ini Faktanya - 2
Ilustrasi makan buah-buahan. (Shuttetstock)

Selain itu, buah-buahan berserat seperti jambu biji dan jeruk di pagi hari bisa memperlambat sistem pencernaan. Pakar Ayuverda dr Dhanvantri Tyagi juga memercayai bahwa tidak ada waktu terbaik dan terburuk untuk makan tubuh.

"Namun, orang yang menderita keasaman parah harus menghindari buah jeruk dengan perut kosong," jelasnya.

Para ahli hanya menyarankan agar Anda selalu mengonsumsi satu buah utuh setiap harinya. Jika tidak, Anda bisa minum jus buah alami yang bukan kemasan.

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
December 25, 2019 at 08:50AM
https://ift.tt/35V7RFN

Benarkah Makan Buah Harus saat Perut Kosong? Ini Faktanya - Suara.com
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Benarkah Makan Buah Harus saat Perut Kosong? Ini Faktanya - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.