Search

Kenali Sejumlah Tanda-Tanda dari Buah dan Ikan yang Terkontaminasi Formalin | merdeka.com - merdeka.com

Merdeka.com - Mengetahui kandungan yang terdapat di dalam makanan yang kita konsumsi merupakan hal yang sangat penting. Komposisi makanan ini bisa membuat kita mengetahui hal apa yang kita perlukan.

Sayangnya, pada beberapa hal yang sesungguhnya sehat seperti buah, ikan, dan daging, terdapat bahaya yang mengancam. Sejumlah pedagang kerap kali berbuat lancung dan menggunakan formalin di makanan mereka agar lebih awet.

Keberadaan formalin ini tentu harus menjadi perhatian bagi kita. Mengonsumsi hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan terutama ketika dikonsumsi dalam waktu lama.

Penggunaan formalin ini bertujuan membuat makanan bertahan lebih lama dan harganya jauh lebih murah dibanding pengawet lainnya. Selain untuk pengawet, formalin ini juga digunakan sebagai pengubah tekstur makanan serta memperbaiki penampilannya.

Tanpa banyak disadari, sebenarnya terdapat dua jenis formalin yang bisa kita temui. Dilansir dari The Conversation, Dian Wuri Astuti, pengajar dari STIKES Guna Bangsa menyebut bahwa terdapat dua jenis formalin yaitu alami dan buatan.

Secara alami, semua bentuk kehidupan seperti bakteri, tanaman, ikan, hewan, dan manusia menghasilkan formaldehid, gas yang tidak mudah terbakar dan sangat reaktif, sebagai bagian dari metabolisme sel. Senyawa ini juga merupakan bahan kimia pembangun yang penting seperti produksi vaksin.

Formalin dapat ditemukan secara alami pada buah-buahan, sayuran, daging, serta ikan laut. Sebagai hasil dari metabolisme, sebagian besar organisme mengandung formaldehide dalam kadar rendah.

1 dari 2 halaman

Tanda-Tanda Makanan Ditambahi Formalin Buatan

Kita perlu mewaspadai makanan yang telah ditambahi dengan formalin buatan. Keberadaan dari hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan terutama ketika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Salah satu penanda dari penggunaan formalin buatan di buah adalah tidak adanya lalat, lebah, semut atau serangga pecinta buah lainnya. Buah yang dicelupkan ke dalam larutan formalin juga biasanya terasa keras saat disentuh, berwarna kusam dan tidak akan berubah seiring waktu.

Sedangkan pada ikan yang terkontaminasi formalin, biasanya teksturnya kaku, sisik keras, insang merah, mata jernih, dan tidak memiliki bau amis. Ikan ini juga biasanya bebas dari lalat yang terbang di sekitarnya.

2 dari 2 halaman

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
December 14, 2019 at 02:00PM
https://ift.tt/35jtsaE

Kenali Sejumlah Tanda-Tanda dari Buah dan Ikan yang Terkontaminasi Formalin | merdeka.com - merdeka.com
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kenali Sejumlah Tanda-Tanda dari Buah dan Ikan yang Terkontaminasi Formalin | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.