Search

Rutin Makan Buah, Turunkan Berat Badan dan Tekanan Darah - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Penelitian di Inggris merilis data statistik yang sangat mengejutkan. Ternyata, setengah penduduk di sana tidak rajin makan buah dan sayur setiap hari, bahkan hanya satu dari sepuluh orang yang rajin mengonsumsinya.

Pakar nutrisi dan kesehatan Fiona Hunter kepada Female First menjelaskan pentingnya mengonsumsi buah dan sayur secara rutin setiap hari. Buah merupakan sumber vitamin C terbesar. Antioksidan yang terdapat di hampir semua jenis buah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cuaca yang tak menentu kerap kali menyebabkan seseorang terserang batuk dan pilek. Dengan mengonsumsi setidaknya satu buah sehari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menghadapi perubahan cuaca.

Buah juga kaya fitokimia, zat kimia yang hanya ditemukan dalam buah dan sayur, yang berfungsi untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Adapun zat kimia yang terkandung dalam banyak jenis buah dan sayur antara lain betakaroten, likopen, dan juga polifenol. Betakaroten, likopen, dan juga polifenol berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, hingga katarak.

Bebas lemak dan rendah kalori, 80 gram beri hanya mengandung 26 kalori. Buah tentu menjadi pilihan yang sangat ideal buat yang diet. Apel diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Vitaminnya tidak hanya terdapat pada daging buah saja namun juga kulitnya. Itu sebabnya jika makan apel sebaiknya bersama kulitnya. Cukup dicuci di bawah air mengalir hingga bersih kesat.

Buah ternyata cocok disantap bersama dengan sumber protein lain, seperti kacang-kacangan atau yogurt. Buah dapat dikonsumsi sebagai camilan, digunakan sebagai makanan penutup atau pelengkap dalam bubur dan yogurt.

Semua buah kaya potasium, mineral yang mampu menurunkan tekanan darah. Ingin memiliki kulit sehat dan segar? Rajin mengonsumsi buah yang terbukti mengandung banyak vitamin C. Vitamin C yang terdapat hampir di semua jenis buah mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerutan dan tanda-tanda penuaan lain. Vitamin C juga sangat penting dalam proses pembentukan kolagen.

Pencernaan terganggu? Makan saja buah nanas. Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat mengobati peradangan dan juga nyeri sendi. Kandungan frukoligosakarida dalam buah pisang bekerja secara maksimal sebagai prebiotik dan mampu meningkatkan bakteri probiotik baik yang berkembang biak di dalam usus.

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
February 17, 2020 at 05:30AM
https://ift.tt/38EN0bq

Rutin Makan Buah, Turunkan Berat Badan dan Tekanan Darah - Tempo
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Rutin Makan Buah, Turunkan Berat Badan dan Tekanan Darah - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.