Search

10 Jenis Kurma yang Bisa Ditemukan di Indonesia, 'Buah Nabi' yang Sangat Menyehatkan - merdeka.com

10 Jenis Kurma yang Bisa Ditemukan di Indonesia, 'Buah Nabi' yang Sangat Menyehatkan 10 manfaat kurma yang jarang diketahui. foodandnutrition.org ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kurma adalah buah asli dari tanah Arab yang merupakan salah satu buah yang bisa dijumpai di Indonesia. Buah ini identik dengan Bulan Ramadhan karena lebih banyak dan lebih mudah ditemukan ketika Bulan Ramadhan tiba.

Kurma adalah jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun. Namun umumnya, buah ini sering dipanen pada musim gugur atau awal musim dingin di negara asalnya. Alasannya, karena di musim dingin buah ini berada dalam kondisi paling segar.

Selain rasanya yang lezat karena identik dengan rasa manis, kurma juga terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan. Kurma kaya akan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin.

Tapi tahukah Anda kalau buah kurma tidak hanya ada satu jenis saja? Kurma memiliki beberapa jenis dengan ciri khas dan khasiatnya masing-masing. Berikut ini adalah jenis kurma yang bisa Anda temui di Indonesia.

1 dari 10 halaman

1. Kurma Ajwa

10 manfaat kurma yang jarang diketahui

foodandnutrition.org 2020 Merdeka.com

Kurma ajwa disebut juga kurma nabi, karena dulu kurma jenis ini sering dikonsumsi Nabi Muhammad SAW. Kurma ajwa memiliki rasa yang mirip dengan kismis, dan tidak terlalu manis.

Kurma ajwa memiliki tekstur yang lembut di dalam mulut dan kering. Beberapa orang berpendapat bahwa kurma ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Bahkan, kurma ini dipercaya bisa melindungi dari racun dan energi buruk.

2 dari 10 halaman

2. Kurma Ambera

Kurma ambera adalah satu dari beberapa kurma dengan kualitas tertinggi dari wilayah Madinah, Arab Saudi. Kurma ini juga dikenal karena ukurannya yang sangat besar, lebih besar dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

Kurma ini juga dikenal karena kekuatan penyembuhan alaminya, itulah sebabnya banyak orang di daerah Madinah memakan kurma jenis ini.

3 dari 10 halaman

3. Kurma Barhi

10 manfaat kurma yang jarang diketahui

liveeatlearn.com 2020 Merdeka.com

Kurma ini kaya akan rasa, bahkan rasanya mirip seperti sirup. Kurma ini juga merupakan jenis kurma terkecil dan paling rapuh dari yang lain.

Kulit dan dagingnya yang keras berubah menjadi kuning, kemudian berubah menjadi cokelat keemasan saat diawetkan, dan buahnya sendiri berukuran kecil hingga sedang. Kurma barhi memiliki tingkat kematangan yang lambat.

4 dari 10 halaman

4. Kurma Dayri

Kurma dayri ini memiliki tekstur yang lembut, sangat padat dan rasanya manis. Ukuran kurma ini berkisar mulai dari ukuran sedang hingga besar. Kurma dayri memiliki daging yang lunak dan kulit yang berwarna merah.

Saat matang, kulit kurma ini berubah dari warna merah menjadi kuning, lalu berubah lagi menjadi cokelat keemasan ketika diawetkan. Sama seperti kurma barhi, kurma dayri juga memiliki tingkat kematangan yang lambat.

5 dari 10 halaman

5. Kurma Deglet Noor

10 manfaat kurma yang jarang diketahui

organicsoul.com 2020 Merdeka.com

Dalam Bahasa Indonesia, kurma ini memiliki arti "kurma yang bercahaya". Hal ini karena buahnya berwarna emas atau terang ketika terkena paparan sinar matahari. Kurma ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya mirip seperti madu.

Kurma deglet noor memiliki rasa yang manis dan lembut. Kurma deglet noor biasanya banyak digunakan sebagai bahan masakan, dan kurma ini biasanya matang pada akhir musim.

6 dari 10 halaman

6. Kurma Halawy

Kurma halawy adalah jenis kurma yang lembut dan memiliki rasa yang manis mirip seperti madu. Kurma ini berukuran kecil hingga sedang dengan kulit berwarna cokelat keemasan dan daging buah yang lunak.

Kurma halawy biasanya matang di pertengahan musim, dan kurma ini bisa dikonsumsi langsung sesaat setelah dipetik sehingga sangat cocok untuk dijadikan camilan.

7 dari 10 halaman

7. Kurma Khudri

10 manfaat kurma yang jarang diketahui

pexels.com 2020 Merdeka.com

Kurma khudri juga termasuk kurma yang memiliki rasa manis. Kurma ini berwarna cokelat gelap dan memiliki kulit yang kusut. Ukurannya berkisar dari kecil hingga besar.

Kurma ini menjadi kurma yang paling banyak diekspor dari jenis kurma lainnya karena harganya yang paling terjangkau serta memiliki ketahanan buah yang lama.

8 dari 10 halaman

8. Kurma Medjool

Kurma medjool disebut juga dengan kurma medjul, karena kurma ini memiliki kulit lembut dan rasanya yang sangat kaya, lezat, dan manis. Kurma ini memiliki tekstur yang sedikit berserat. Kurma ini memiliki ukuran dari besar hingga sangat besar.

Kulitnya akan berubah dari kuning menjadi cokelat kemerahan ketika matang dan diawetkan. Kurma ini sangat bagus dikonsumsi pada saat masih segar, karena kurma ini sangat lembap. Dibandingkan dengan jenis kurma lainnya, kurma medjool biasanya matang pada awal musim.

9 dari 10 halaman

9. Kurma Safawi

mitos coronavirus nular lewat kurma

2020 Merdeka.com

Jika jenis kurma lain kebanyakan memiliki warna kecokelatan, namun kurma safawi justru berwarna hitam. Kurma ini memiliki tekstur seperti daging. Kurma ini memiliki rasa yang sangat manis dan dipenuhi dengan vitamin.

Kurma safawi dibudidayakan di Madinah dan terkenal akan khasiat penyembuhannya. Selain itu, kurma ini juga dikenal dengan kandungan mineralnya yang tinggi. Kandungan serat dalam kurma ini juga terbilang tinggi, sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan secara optimal.

10 dari 10 halaman

10. Kurma Thoory

Kurma thoory adalah kurma yang populer di Al Jazair. Kurma ini memiliki tekstur yang cukup kering dan memiliki rasa manis dan pedas. Kurma ini disebut sebagai kurma roti karena biasanya digunakan sebagai campuran olahan roti.

Kurma ini berukuran sedang hingga besar dengan bentuk daging berwarna cokelat keemasan. Seperti kebanyakan jenis kurma lainnya, kurma thoory biasanya matang di akhir musim.

[far]

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
March 18, 2020 at 06:30AM
https://ift.tt/2Qn3AFo

10 Jenis Kurma yang Bisa Ditemukan di Indonesia, 'Buah Nabi' yang Sangat Menyehatkan - merdeka.com
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Jenis Kurma yang Bisa Ditemukan di Indonesia, 'Buah Nabi' yang Sangat Menyehatkan - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.