Search

60.000 Bibit Pohon Keras dan Buah-buahan Ditanam di Desa Nagrog - galamedianews.com

SEBANYAK 60.000 bibit pohon akan ditanam di Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. Hal tersebut terungkap saat launching pendistribusian dan penanaman bibit pohon keras dan buah-buahan di kawasan kebun bibit desa (KBD) Desa Nagrog, Cicalengka, Senin (16/3/2020). Kegiatan tersebut dilakukan aparatu Desa Nagrog bersama Muspika Cicalengka, Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung BPDAS Lingkungan Hidup Citarum-Ciliwung, Dinas Kehutanan Provinsi Jabar.

Camat Cicalengka H. Entang Kurnia sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan penanaman pohon dan penyebaran bibit pohon di Desa Nagrog tersebut. Apalagi dalam pelaksanaan penghijauan ini ada kepedulian dari Dinas Kehutanan Provinsi Jabar dan BPDAS Citarum dan Cikiwung. 
"Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali terutama dalam penanaman pohon untuk kelestarian lingkungan di Kabupaten Bandung, khususnya di Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka," katanya.

Hadir pada pelaksanaan launching itu yakni Kepala Desa Nagrog Gun Gun Suganda, Camat Cicalengka H. Entang Kurnia, Seksi Evaluasi Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung BPDAS Lingkungan Hidup Citarum-Ciliwung Asep Firman, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jabar Ir. H. Epi Kustiawan.

Entang juga menilai di kawasan Cicalengka sangat cocok untuk penanaman pohon kopi. Hal itu dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat supaya lebih meningkat lagi. Selain itu untuk meningkatkan pengembangan desa wisata, khususnya di Desa Nagrog.
"Dengan adanya pengembangan wisata di desa, warga bisa melihat keindahan alam di kawasan hutan Desa Nagrog dengan kondisi udara yang masih segar," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Nagrog Gun Gun Suganda mengatakan untuk melaksanakan gerakan penanaman pohon di Desa Nagrog itu, pihaknya menjalin kemitraan dengan sejumlah pihak, di antaranya dengan BPDAS dan Dinas Kehutanan Provinsi Jabar dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung.

"Kemitraan dengan Desa Nagrog itu demi lingkungan dan alam sesuai dengan kewenangan masing-masing," katanya.

Ia mengatakan dalam gerakan penanaman itu, pihaknya menyiapkan sebanyak 60.000 bibit pohon kayu keras dan buah-buahan. Dalam kegiatan penghijauan ini melibatkan swadaya masyarakat dan jenis tanamannya pun lebih dominan kayu keras yang akan ditanam di sejumlah kawasan Desa Nagrog.

"Penanaman pohon ini akan dilaksanakan di tiga dusun, yaitu dusun 2 sampai dusun 4. Ketiga dusun tersebut dengan kontur tanah pegunungan dan perbukitan," katanya.

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
March 16, 2020 at 02:48PM
https://ift.tt/3aUrik4

60.000 Bibit Pohon Keras dan Buah-buahan Ditanam di Desa Nagrog - galamedianews.com
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "60.000 Bibit Pohon Keras dan Buah-buahan Ditanam di Desa Nagrog - galamedianews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.