Search

5 Dampak Negatif Terlalu Banyak Makan Buah, Bisa Picu Diare | merdeka.com - merdeka.com

5 Dampak Negatif Terlalu Banyak Makan Buah, Bisa Picu Diare Ilustrasi buah-buahan Indonesia. © Alamy

Merdeka.com - Buah menjadi salah satu makanan sehat yang digemari banyak kalangan. Selain itu, buah juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan sehat.

Walau dari segi medis buah berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, konsumsi berlebihan bisa menimbulkan dampak negatif. Terutama pada buah jenis tertentu.

Suatu yang berlebihan memang tidak baik. Untuk mendapatkan manfaat buah, sebaiknya konsumsi secara seimbang bersama sumber nutrisi lain, seperti sayur, susu, dan daging.

Lebih jelasnya, berikut rangkuman manfaat dan dampak negatif terlalu banyak makan buah, serta jenis buah apa saja yang harus dibatasi konsumsinya.

1 dari 5 halaman

Manfaat Konsumsi Buah

Di dalam buah, terutama buah segar, terdapat banyak kandungan nutrisi. Seperti serat, air, berbagai jenis vitamin, hingga kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Manfaat buah sangat beragam, tergantung pada jenisnya. Misalnya buah jeruk dan lemon yang dikenal kaya akan vitamin C, sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Buah berry, seperti stroberi, blueberry dan cherry juga mengandung antioksidan tinggi, dan baik untuk mencegah peradangan penyebab kanker.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat konsumsi buah secara teratur. Walau begitu, dalam sehari-hari asupan nutrisi harus seimbang dan tidak melulu dari buah saja. Terlalu banyak konsumsi buah dapat menyebabkan masalah kesehatan yang jarang kita ketahui.

2 dari 5 halaman

Dampak Negatif Terlalu Banyak Makan Buah

Tidak hanya menyehatkan, makan buah terlalu banyak ternyata juga bisa menyebabkan kesehatan tubuh terganggu. Seperti dampak negatif terlalu banyak makan buah di bawah ini:

1. Konsumsi buah yang terlalu matang dan terlalu manis secara berlebihan dapat memicu masalah kesehatan. Hal ini disebabkan karena di dalam buah terdapat kandungan gula yang cukup tinggi. Kadar gula tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah dan memicu diabetes.

2. Makan buah terlalu banyak juga dapat mengganggu sistem pencernaan. Gangguan pencernaan tersebut bisa berupa kembung, kram, begah, terlalu sering buang gas, hingga diare. Hal ini dikarenakan penumpukan karbohidrat dari buah-buahan di dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Dampak Negatif Makan Buah Terlalu Banyak

3. Mengalami masalah berat badan juga menjadi dampak negatif terlalu banyak makan buah. Masalah ini bisa terjadi apabila tubuh hanya diberi asupan nutrisi dari buah saja, tanpa diimbangi dengan nutrisi lain.

4. Makan buah terlalu banyak juga dapat menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi lain yang sama pentingnya. Kurangnya asupan nutrisi harian, justru akan membuat tubuh lemas dan rentan terhadap masalah kesehatan serius.

5. Dampak negatif makan buah terlalu banyak yang terakhir ialah kecanduan makanan manis. Rasa manis dari buah yang berlebihan akan berpengaruh pada selera makan. Tubuh yang terbiasa menerima rasa manis, akan mengalami ketagihan dan lebih gemar mengonsumsi makanan manis. Imbasnya, kadar gula dalam tubuh akan melonjak dan bisa memicu diabetes.

4 dari 5 halaman

Tanda Terlalu Banyak Makan Buah

Apabila konsumsi buah-buahan secara berlebihan dibiarkan dan terus berlangsung dalam waktu yang cukup lama tubuh akan meresponnya dengan tanda-tanda masalah kesehatan, seperti:

1. Perut kerap mengalami kembung dan masalah pencernaan lain.
2. Berat badan yang tidak stabil. Bisa terlalu kurus atau terlalu berat.
3. Mulai menggemari rasa manis.
4. Gemar makan buah dalam berbagai bentuk, dari jus hingga smoothie.
5. Tubuh bergerak lebih aktif karena kadar gula dalam tubuh cukup tinggi.

5 dari 5 halaman

Jenis Buah yang Harus Dibatasi Konsumsinya

Memilih buah yang baik dikonsumsi setiap hari memang sulit. Akan lebih baik kalau kita membuat variasi buah-buahan setiap harinya dan tidak hanya mengonsumsi satu jenis buah saja selama berhari-hari.

Untuk mengurangi dampak negatif makan buah terlalu banyak, kita bisa menghindari beberapa buah ini untuk konsumsi dalam jumlah banyak:

1. Buah Nanas
2. Buah Cherry
3. Buah Durian
4. Buah Pepaya Muda
5. Buah Tomat Muda
6. Buah Apel

Kita bisa mengonsumsi buah tersebut dan mendapatkan manfaatnya, asal tidak makan terlalu banyak.

[snw]

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
November 21, 2019 at 06:08PM
https://ift.tt/37sMixq

5 Dampak Negatif Terlalu Banyak Makan Buah, Bisa Picu Diare | merdeka.com - merdeka.com
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Dampak Negatif Terlalu Banyak Makan Buah, Bisa Picu Diare | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.