Search

Jangan Buang Biji Buah-buahan, Sedekahkan Kesini! - RMOL Sumsel

RMOLSumsel.  Musim buah tahun ini, Perkumpulan Lembaga Lingkungan Hidup (LLH) Jejak Bumi Indonesia mengajak masyarakat untuk ikut melestarikan dan mengembangkan tanaman produktif lokal.


Dengan cara tidak membuang biji-biji buah ketl tempat sampah namun mengumpulkan dan menyedekahkan” biji tersebut ke LLH Jejak Bumi Indonesia untuk dijadikan bibit.

Pendiri perkumpulan LLH Jejak Bumi Indonesia Hendra A. Setyawan didampingi Ketua perkumpulan LLH Jejak Bumi Indonesia Agung Sudrajat mengatakan langkah ini dilakukan agar setiap biji buah sisa dari buah yang dikonsumsi bisa di jadikan bibit untuk dikembangkan kembali.

Dengan tindakan SEDEKAH” biji pohon seperti mangga, durian, rambutan, langsat, duku, manggis, nangka dan lainnya ini, kita dapat menyumbang banyak pohon setiap musim bagi daerah kita,” kata Hendra.

Misi dari kegiatan sederhana ini untuk menghijaukan, melestarikan pohon produktif lokal serta pengurangan resiko bencana lingkungan hidup. Tujuan ini akan berhasil jika dilakukan secara bersama-sama,” ujarnya.

Menurut Hendra sedekah biji pohon produktif ini cukup mudah, masyarakat yang mengkonsumsi setiap buah-buahan cukup mencuci dan mengeringkan biji tersebut dibawah sinar matahari, kemudian biji itu dikumpulkan dan dibungkus dengan koran. Kita siap menampung biji-biji tersebut,” tukas Hendra.

Sementara itu ketua perkumpulan LLH Jejak Bumi Indonesia Agung menambahkan, pihaknya saat ini sangat fokus untuk pembibitan tanaman dan penanaman lokal produktif dibeberapa wilayah Kab/Kota di Sumatera Selatan.

Bagi masyarakat yang ingin menyedekahkan biji buah tanaman produktif sisa konsumsi bisa mengantarkan ke kantor LLH Jejak di Jalan Veteran Baturaja. "Atau bisa menghubungi staf kita di kantor,” ujarnya.

Untuk Kabupaten OKU lanjut Agung LLH Jejak Bumi Indonesia melakukan pembibitan tanaman produktif ini dibeberapa tempat yakni, di Kalangan Rebo Desa Kemilau Baru. Kecamatan Baturaja Timur, Desa Tanjung Sari Kecamatan Pengandonan dan Desa Lubuk Batang Baru Kecamatan Lubuk batang.

Masyarakat dapat melihat langsung pembibitan di lokasi, bibit-bibit pohon ini juga akan kami bagikan kepada yang sudah memberikan biji pohon, serta mitra-mitra LLH Jejak Bumi Indonesia,” kata Agung.

Agung berharap gerakan ini dapat bermanfaat untuk melestarikan setiap tanaman lokal produktif di daerah kita, sehingga tanaman ini nanti dapat dinikmati oleh anak cucu kita.

Mari kita bergabung dalam gerakan ini untuk menyebarkan kelimpahan di alam dengan cara yang sederhana namun efektif, dan berkontribus bagi generasi kita berikutnya,” ajaknya. [irm]

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
November 22, 2019 at 07:59PM
https://ift.tt/2D8skKx

Jangan Buang Biji Buah-buahan, Sedekahkan Kesini! - RMOL Sumsel
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jangan Buang Biji Buah-buahan, Sedekahkan Kesini! - RMOL Sumsel"

Post a Comment

Powered by Blogger.