Search

Alasan Sehat Konsumsi Bagian Tengah Buah Apel - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Penelitian menyebut, apel mengandung sekitar 100 juta bakteri. Namun Anda tak perlu merasa takut, karena bakteri pada apel merupakan bakteri baik yang menyehatkan.

Bakteri baik pada apel tak hanya tersimpan di daging buahnya saja. Justru, bakteri baik lebih banyak ditemukan di bagian tengah buah yang dekat dengan biji.

Mengonsumsi bagian tengah apel, selain akan mendapatkan serat ekstra dan flavonoid yang melimpah, Anda juga akan menerima sekitar 10 kali lebih banyak bakteri baik dibandingkan hanya makan bagian daging apel, mengutip CNN.


Namun, untuk mendapat manfaat sehat yang lebih maksimal dari apel, sebaiknya konsumsilah jenis apel organik.

Sebuah penelitian oleh Graz University of Technology di Austria yang dipublikasikan di Frontiers in Microbiology, mengungkap bahwa apel organik menyimpan jenis bakteri yang lebih beragam sehingga menjadikan apel organik lebih sehat.

Profesor Gabriele Berg mengatakan, "Apel yang baru dipanen, dikelola secara organik, memiliki bakteri yang jauh lebih beragam, lebih merata, dan berbeda, dibandingkan dengan apel konvensional."

Untuk membuktikannya, peneliti memisahkan bagian daging, batang, kulit, biji, dan sedikit kelopak pada apel untuk menganalisis bakteri yang terkandung di dalam apel.

Hasilnya, peneliti menemukan ada sekitar 90 juta bakteri yang terdapat pada bagian tengah apel dan sekitar 10 juta bakteri pada daging buah pada jenis apel organik maupun konvensional.

Menariknya, ada sedikit perbedaan antara bakteri dalam apel konvensional dengan apel organik

Di apel konvensional, selain bakteri baik, peneliti juga menemukan patogen yang termasuk dalam keluarga Escherichia-Shigella, yaitu salah satu penyebab diare dan penyakit usus.


Sementara itu di apel organik, peneliti menemukan kandungan bakteri probiotik yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, seperti Lactobacilli.

Methylobacterium yang dikenal berperan meningkatkan biosintesis senyawa rasa stroberi menjadi lebih matang juga secara signifikan lebih berlimpah di apel organik, terutama pada bagian daging buah dan kulitnya. Kandungan inilah yang membuat rasa apel organik lebih alami dibandingkan dengan apel konvensional.

[Gambas:Video CNN] (aul/ayk)

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
November 29, 2019 at 12:24PM
https://ift.tt/2ORYhMN

Alasan Sehat Konsumsi Bagian Tengah Buah Apel - CNN Indonesia
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Alasan Sehat Konsumsi Bagian Tengah Buah Apel - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.