Search

TaniHub Gandeng GoFruit Dukung Konsumsi Buah Lokal - Validnews

JAKARTA – Perusahaan platform e-commerce untuk hasil tani, TaniHub, bekerja sama dengan platform e-commerce untuk buah-buahan, GoFruit untuk mendukung usaha kecil penjualan buah di nusantara. Diharapkan dengan kerja sama ini, harga buah lokal di tingkat pedagang semakin terjangkau sehingga mampu meningkatkan konsumsi buah-buahan yang diproduksi oleh petani lokal.

CEO TaniHub Group, Ivan Arie Sustiawan mengatakan, kerja sama ini diharapkan mampu mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya pedagang kecil yang menjual hasil tani dengan harga yang wajar.

“Melalui kerja sama ini, kami dapat meningkatkan exposure buah-buahan lokal kepada konsumen secara luas, sehingga sejalan dengan visi kami, yaitu ‘Agriculture for Everyone’,” kata Ivan di Jakarta, dilansir dari keterangan tertulisnya, Senin (18/11).

TaniHub adalah e-commerce platform B2B (business-to-business) dan B2C (business-to-consumer) untuk hasil tani. E-commerce ini menghubungkan petani dengan berbagai jenis usaha sampai konsumen akhir.

Sementara, GoFruit merupakan perusahaan online to offline untuk buah-buahan yang memudahkan konsumen untuk memesan buah secara online. Konsumen dapat memilih agar buah dikirimkan ke alamatnya ataupun mengambil di pick-up point. Namun, GoFruit juga memiliki toko fisik. Setidaknya saat ini, GoFruit sudah membangun tiga format gerai, yaitu ruko, rumahan, dan lapak.

Dalam kerja sama ini, TaniHub akan memasok buah lokal ke semua outlet GoFruit. Ini sebagai upaya memastikan bahwa GoFruit mendapatkan volume buah-buahan grade A, B, dan C yang optimal.

Selain menjadi pemasok utama GoFruit, TaniHub akan membiayai produksi 200 tenda co-branding yang akan digunakan para pelapak berjualan buah GoFruit.    

Lewat strategi ini, diharapkan sejumlah produk buah lokal utama bisa menyebar luas di semua lapak dan toko GoFruit dalam waktu singkat. Di masa depan, kedua belah pihak akan mengeksplorasi kerja sama lainnya, misalnya di bidang point of sales (POS), branding, social media exposure, dan digital wallet.

Ivan melanjutkan, saat ini TaniHub memiliki warehouse atau distribution center yang terletak di empat kota seperti Bogor, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, serta sejumlah titik distribusi di berbagai area.

“Dengan semakin tingginya minat konsumen Indonesia terhadap produk lokal, pertanian Indonesia akan bergerak ke arah yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita,” katanya.

Proporsi buah-buahan dalam rata-rata menu makanan masyarakat Indonesia per hari hanya mengambil peran 0,85%.

Dalam data BPS tertampilkan, masyarakat Indonesia lebih banyak menyantap nasi ataupun sereal dalam porsi makanan per harinya. Proporsi nasi maupun sereal orang Indonesia mencapai 30,87% dari total menu makanan seharinya.

Di mana dalam setahun rata-rata konsumsi buah masyarakat hanya 35,8 kilogram per kapita.

Jelas nilai konsumsi buah tersebut jauh dari kata ideal. Standarnya menurut FAO, tiap orang seharusnya mengonsumsi buah sebanyak 73 kilogram per tahun.

CEO GoFruit, Martin Widjaja mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan TaniHub Group yang sudah mempunyai jaringan luas ke para petani. Lalu, GoFruit akan mengurus hilir pendistribusian buahnya yaitu dengan menciptakan sebanyak mungkin peritel buah-buahan di seluruh Indonesia.

Ia menerangkan, saat ini konsumsi buah masyarakat Indonesia sangat rendah. Hal ini disebabkan banyak hal, salah satunya adalah susahnya mendapatkan buah yang baik. Maka, seiring dengan bertumbuhnya perekonomian masyarakat menengah ke atas di Indonesia, pasar buah memiliki potensi yang besar.

“Dengan mendirikan lebih banyak pelapak buah menjadi peluang yang menjanjikan untuk mendukung masyarakat Indonesia bisa mengkonsumsi buah lebih banyak dan secara rutin setiap harinya. Dan di dalam bisnisnya, margin penjual buah relatif lebih besar dibanding barang FMCG (Fast Moving Consumer Goods) maupun komoditas,” katanya.

Menurut Martin, tantangan yang sekarang dihadapi adalah bagaimana menciptakan banyak retailer buah yang tersistem agar penjualan tunainya tercatat secara digital dan stok inventori bisa terkontrol. Sehingga, lanjutnya, pemilik retail buah bisa beroperasi secara untung dan ada akses untuk membuka toko berikutnya.

Semakin banyak retail buah dari berbagai kelas, maka menurutnya semakin terbuka peluang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi buah. Kemudian, semakin pula meningkatkan hasil panen petani dalam memasarkan buahnya ke konsumen. (Agil Kurniadi)

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
November 19, 2019 at 09:52AM
https://ift.tt/2Kzel4q

TaniHub Gandeng GoFruit Dukung Konsumsi Buah Lokal - Validnews
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "TaniHub Gandeng GoFruit Dukung Konsumsi Buah Lokal - Validnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.