Search

12 Buah untuk Buka Puasa Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Cegah Dehidrasi - merdeka.com

12 Buah untuk Buka Puasa Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Cegah Dehidrasi Buah-buahan. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Mengonsumsi makanan sehat selama berpuasa menjadi suatu keharusan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Saat berpuasa tubuh juga rentan mengalami dehidrasi terlebih jika kamu beraktivitas di tengah cuaca yang sangat panas. Hal ini tentu akan membuat kamu semakin haus.

Hidrasi yang tepat sangat baik untuk kesehatan kamu. Faktanya tidak minum cukup air dapat menyebabkan dehidrasi yang berujung membuat kita merasa mudah lelah, sakit kepala, kram otot atau mengalami masalah kulit seperti kulit kering.

Untuk mencegah dehidrasi dan mempertahankan daya tahan tubuh kamu harus mengonsumsi banyak buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan kandungan air yang melimpah.

Berikut ini ada 12 buah untuk buka puasa bantu tingkatkan daya tahan tubuh dan cegah dehidrasi telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Kamis, (23/04/2020).

1 dari 12 halaman

1. Melon

ilustrasi melon

Shutterstock/images72

Buah untuk buka puasa yang pertama yaitu melon. Kandungan air yang tinggi dalam melon hampir 90 persen, oleh karena itu mengonsumsi melon saat berbuka puasa sangat cocok karena dapat mencegah dehidrasi dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

2 dari 12 halaman

2. Strawberry

strawberry arnaud

2014 Merdeka.com/Click Top 10

Agar tubuh tidak kekurangan cairan selama puasa maka kamu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air seperti strawberry.

Hampir 91 persen kandungan airnya membuat strawberry bagus untuk menghindari dehidrasi selama seharian penuh berpuasa.

3 dari 12 halaman

3. Jeruk

ilustrasi kulit jeruk

Pixabay

Ada hampir setengah cangkir (118 ml) air dalam satu jeruk, bersama dengan serat dan beberapa nutrisi. Ini termasuk vitamin C dan potasium, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan kesehatan jantung. Buah untuk buka puasa ini, juga kaya antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid, yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan.

Air dan serat dalam jeruk dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang membantu menjaga nafsu makan kamu agar tetap terkendali saat berpuasa. Selain itu, makan buah jeruk secara teratur dapat melindungi tubuh dari batu ginjal.

Ini karena asam sitrat yang dikandungnya dapat mengikat dengan kalsium oksalat pembentuk batu, membantu mengeluarkannya dari tubuh.

4 dari 12 halaman

4. Pepaya

9 manfaat buah pepaya bagi kesehatan

holistic-medicine.com 2020 Merdeka.com

Satu lagi buah untuk buka puasa yang kaya vitamin C dan juga serat alami, yakni pepaya. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk melengkapi menu berbuka puasa.

Buah lunak yang lezat ini bisa memberikan sensasi segar dan nyaman pada saluran cerna. Sehingga tubuh juga terasa lebih baik selama berpuasa karena membuat pencernaan lebih sehat.

5 dari 12 halaman

5. Semangka

ilustrasi semangka segar

shutterstock.com/Andrey Armyagov

Kesegaran buah untuk buka puasa satu ini tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Semangka memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, termasuk air dalam jumlah yang cukup banyak.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk menjadikan buah ini sebagai menu pilihan saat berbuka. Makan satu buah setiap hari saja sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh.

6 dari 12 halaman

6. Blewah

ilustrasi blewah

2020 Merdeka.com

Buah yang sangat populer di bulan puasa ini menjadi pilihan menu berbuka yang tepat. Rasanya yang segar dan begitu lembut, membuat blewah banyak dijadikan sebagai campuran minuman ataupun sirup sebagai menu berbuka.

Buah yang mengandung vitamin A ini juga memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan, sehingga sangat tepat untuk mengawali menu berbuka puasa lainnya.

7 dari 12 halaman

7. Mangga

mencicipi manisnya mangga toba buah berukuran mini khas samosir

jayakartanews.com 2020 Merdeka.com

Buah untuk buka puasa berikutnya adalah mangga, kandungan kalori yang terdapat pada mangga adalah 135 kalori. Selain itu mangga juga mengandung vitamin A, B6 dan vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa.

8 dari 12 halaman

8. Apel

5 manfaat apel bagi kesehatan tubuh

newfoodmagazine.com 2020 Merdeka.com

Buah lezat yang memiliki kandungan vitamin yang cukup komplit ini juga akan menjadi pilihan yang tepat di saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, apel juga memiliki kandungan vitamin A, B, dan juga C yang terbilang tinggi.

Tak heran bila buah ini dikenal sebagai buah yang mampu menangkal radikal bebas dan juga berbagai bakteri lainnya dari dalam tubuh. Konsumsi satu buah apel sehari, maka tubuh akan mendapatkan semua manfaat tersebut dengan baik.

9 dari 12 halaman

9. Belimbing

003 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Rawpixel

Tak hanya bentuknya saja yang menarik, belimbing juga memiliki rasa unik dan manis. Buah ini mengandung vitamin C dan juga serat alami yang baik bagi pencernaan, sehingga tubuh akan terasa nyaman ketika menyantapnya saat berbuka puasa.

10 dari 12 halaman

10. Tomat

tomat

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Tomat memiliki profil nutrisi yang mengesankan dan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Satu tomat sedang saja menyediakan sekitar setengah cangkir (118 ml) air. Buah untuk buka puasa satu ini, juga menyediakan sejumlah besar vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan C yang meningkatkan kekebalan tubuh.

11 dari 12 halaman

11. Air Kelapa

9 manfaat air kelapa untuk kesehatan

pixabay.com 2020 Merdeka.com

Air kelapa adalah minuman super sehat yang akan membuat kamu tetap terhidrasi selama berpuasa. Tidak hanya memiliki kadar air yang sangat tinggi, ia juga kaya akan elektrolit, termasuk kalium, natrium dan klorida.

Penelitian telah menunjukkan bahwa air kelapa bermanfaat untuk rehidrasi. Dan itu dianggap bermanfaat untuk melakukan pemulihan usai dehidrasi akibat berpuasa karena kandungan elektrolitnya.

12 dari 12 halaman

12. Buah Berry

ilustrasi buah berry

Shutterstock/Olga Miltsova

Terakhir, buah untuk buka puasa yang kaya vitamin adalah berry. Buah berry mengandung antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, selain itu buah berry juga mengandung 92 persen air dan vitamin C yang baik untuk mengatur gula darah dan arteri.

[nof]

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
April 23, 2020 at 07:00PM
https://ift.tt/2KrGBps

12 Buah untuk Buka Puasa Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Cegah Dehidrasi - merdeka.com
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "12 Buah untuk Buka Puasa Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dan Cegah Dehidrasi - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.