Search

5 Manfaat Makan Buah bagi Tubuh, Penting di Masa Pandemi Covid-19 - iNews

JAKARTA, iNews.id - Mengonsumsi buah sangat penting bagi tubuh. Bukan hanya menambah asupan vitamin, tetapi juga dapat mencegah penyakit tertentu.

Di masa pandemi virus corona atau Covid-19 seperti sekarang ini, banyak makan buah sangat dianjurkan. Kandungan vitamin, gizi dan serat dalam buah dapat menjadi pendorong (booster) daya tahan tubuh.

Profesor Gulgun Ersoy dari Departemen Nutrisi dan Dietetika Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Medipol Istanbul, Turki mengatatakan, nutrisi terpenting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh yakni vitamin A, B, C dan E, serta makanan yang mengandung seng, karoten, zat besi dan selenium.

“Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sangat efektif karena zat antioksidan yang dikandungnya. Makan buah seperti apel, pir, delima, jeruk, kiwi, jeruk keprok dan jeruk bali bersama dengan sayuran seperti wortel, brokoli, zucchini, kol, kembang kol dan peterseli sangat penting,” ucapnya dikutip dari laman Medipol, Jumat (16/4/2020).

Hal sama juga ditekankan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto yang meminta masyarakat mengonsumsi makanan bergizi untuk mendukung kesehatan tubuh.

“Banyak makan-makananan bergizi, istirahat cukup, olahraga teratur, dan tetap di rumah adalah kunci bagi kita bersama untuk mencegah penularan Covid-19,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (17/4/2020).

Kementerian Kesehatan mengungkapkan, setidaknya terdapat lima manfaat dari makan buah. Pertama, buah merupakan sumber vitamin. Berbagai jenis vitamin ada dalam buah-buahan.

Kedua, buah merupakan sumber air dan gizi gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Ketiga, sumber antioksidan. Buah merupakan salah satu sumber antioksidan alami. Keempat, mencegah penyakit tertentu.

“Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya,” tulis Kemenkes.

Kelima, obat luar tubuh. Kemenkes menyatakan, buah-buahan juga dapat digunakan untuk obat luar seperti jerawat, bisul dan sebagainya.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
April 17, 2020 at 07:05PM
https://ift.tt/2XHW5NO

5 Manfaat Makan Buah bagi Tubuh, Penting di Masa Pandemi Covid-19 - iNews
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Manfaat Makan Buah bagi Tubuh, Penting di Masa Pandemi Covid-19 - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.