Search

5 Buah dan Sayuran Ini Berubah Kecokelatan Usai Dipotong, Ada Triknya! - IDN Times

Sayuran atau buah-buahan yang segar menjadi harapan semua orang. Namun terkadang kita dihadapkan pada situasi harus mengupas atau memotong sayuran dan buah-buahan bukan untuk dimakan pada saat itu juga. Dan masalahnya, buah dan sayuran tersebut akan berubah warna jadi kecoklatan.

Inilah 5 buah dan sayuran yang suka berubah warna jadi kecokelatan usai dipotong. Lihat juga triknya agar tetap segar.

1. Apel

5 Buah dan Sayuran Ini Berubah Kecokelatan Usai Dipotong, Ada Triknya!pixabay.com/pasja1000

Apel pasti berubah warna kecokelatan usai dipotong-potong. Hal tersebut disebabkan oleh enzim pelifenol oksidase (tirosinase) yang ada dalam buah apel terpapar dengan oksigen yang ada di udara. Perubahan tersebut disebut oksidasi.

Nah, untuk membuat apel tersebut tetap segar dan gak berubah warna, ada beberapa cara yang bisa kamu praktikkan:

  • Sikat dengan kuas permukaan apel tersebut dengan air perasan lemon, jeruk bali atau jeruk nipis
  • Buat air rebusan yang dicampur dengan air lemon atau cuka sari buah. Dengan metode, air dingin 1 liter dan 1/4 cangkir air lemon atau cuka

2. Terung

5 Buah dan Sayuran Ini Berubah Kecokelatan Usai Dipotong, Ada Triknya!pixabay.com/furbymama

Terung terbilang sebagai sayuran yang sangat sensitif. Sesaat setelah dipotong saja ia bakal langsung berubah warna. Hal tersebut adalah reaksi dari tanin yang ada di dalamnya terkontaminasi oleh udara di sekitar kita.

Cara menghilangkannya cukup mudah dan pasti sering dipraktikkan oleh banyak orang. Yakni, masukkan terung yang telah dipotong ke dalam air yang telah dicampur garam selama beberapa menit. Hasilnya, terung tersebut tidak akan berubah warna malah warna rebusan tersebut lah yang akan berubah menghitam.

Baca Juga: 5 Buah Pasar untuk Menjaga Kesehatan Kulit Selama #DiRumahAja, Segar!

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Kentang

5 Buah dan Sayuran Ini Berubah Kecokelatan Usai Dipotong, Ada Triknya!pixabay.com/Capri23auto

Sama halnya dengan terung, kentang juga akan berubah warna usai dipotong-potong. Perubahan tersebut dipengaruhi oleh enzim peroksidase dan katalase yang terkandung di dalamnya. Memang sih perubahan warna tersebut gak mempengaruhi rasa, namun dengan tampilan yang menghitam menjadikan tampilan kentang terlihat kurang segar ya.

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan guna warnanya tetap sama, di antaranya; rendam kentang dengan air yang telah dicampur kapur sirih selama kurang lebih satu jam atau rebus kentang sebelum dikupas selama satu menit dengan air mendidih dan langsung rendam kembali dengan menggunakan air dingin.

4. Pir

5 Buah dan Sayuran Ini Berubah Kecokelatan Usai Dipotong, Ada Triknya!pixabay.com/JillWellington

Pir pun menjadi satu di antara buah-buahan yang akan berubah warna usai dipotong-potong. Untuk membuatnya tetap terlihat segar, kamu bisa menggunakan metode sebagaimana trik pada buah apel ya. Yakni, oleskan air lemon atau rendam dengan air yang telah dicampur dengan air lemon atau cuka sari apel.

5. Alpukat

5 Buah dan Sayuran Ini Berubah Kecokelatan Usai Dipotong, Ada Triknya!pixabay.com/endriqstudio

Tampaknya mengonsumsi alpukat satu bagian dulu dan satu bagiannya disimpan dulu menjadi hal umum. Namun yang menjadi permasalahan ketika alpukat yang disimpan tersebut terkontaminasi udara akan berubah warna.

Nah, agar alpukat gak berubah warna kamu bisa mengakalinya dengan, bungkus alpukat menggunakan plastik kedap udara atau lumuri alpukat dengan air perasan lemon.

Itulah 5 buah dan sayur yang pasti berubah warna setelah dipotong. Kamu bisa melakukan trik di atas untuk membuat sayur dan buah kamu tetap segar dan gak berubah warna ya.

Baca Juga: 10 Kombinasi Buah yang Bikin Salad Buah Jadi Makin Nikmat dan Segar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
April 22, 2020 at 08:15PM
https://ift.tt/2VrMJ7p

5 Buah dan Sayuran Ini Berubah Kecokelatan Usai Dipotong, Ada Triknya! - IDN Times
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Buah dan Sayuran Ini Berubah Kecokelatan Usai Dipotong, Ada Triknya! - IDN Times"

Post a Comment

Powered by Blogger.