Search

10 Manfaat Buah Naga untuk Bayi - KabarMedan.com

MEDAN, KabarMedan.com | Buah naga adalah salah satu buah yang sangat bergizi dan bahkan dianggap sebagai “buah super” oleh banyak ahli.

Menurut beberapa penelitian, buah naga juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan bayi. Buah naga atau pitaya dikenal karena kandungan gizinya yang tinggi.

Memilih makanan pendamping ASI (MPASI) untuk konsumsi bayi tentunya harus dibatasi. Karena bayi membutuhkan nutrisi yang tepat dan sehat. Salah satu makanan paling aman untuk bayi adalah buah naga.

Berikut ini 10 manfaat buah naga untuk bayi:

1. Mengandung banyak serat

Jika Anda merasa bingung buah apa yang harus Anda beri makan bayi Anda, jangan khawatir. Buah naga adalah salah satu buah serat tinggi terbaik.

Menurut para ilmuwan, selain ASI, bayi juga membutuhkan konsumsi serat setiap hari. Ini penting karena dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit. Serat juga penting untuk sistem pencernaan bayi.

2. Vitamin C yang tinggi

Bayi dan anak kecil perlu mengonsumsi nutrisi yang cukup seperti vitamin C agar pertumbuhan yang sehat dan perkembangan sel-sel tubuh.

Vitamin C juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit bayi. Semakin banyak vitamin C dikonsumsi, semakin besar kemungkinan bayi akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

3. Kalsium dalam jumlah tinggi

Manfaat buah naga untuk bayi adalah kandungan kalsiumnya yang tinggi, hampir setinggi sumber kalsium biasa, misal susu, keju, bayam ungu, dan produk susu lainnya.

Penelitian menunjukkan jika jumlah kalsium yang cukup diberikan pada bayi di masa-masa sebelumnya, mungkin membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Karena itu, ketika bayi bertambah besar, ia akan memiliki postur yang baik.

4. Membantu menjaga sistem pencernaan yang baik

Penting bagi bayi untuk memiliki sistem pencernaan yang sehat. Karena itu, lebih baik memberi bayi nutrisi yang tepat sedini mungkin. Saat mencari makanan yang dapat meringankan sistem pencernaan, cobalah buah naga.

Kandungan nutrisi buah naga memiliki sifat pencahar, dan dapat membersihkan usus dari hal-hal yang tidak perlu, seperti racun.

5. Membantu mengurangi kolesterol

Terbukti bahwa mengonsumsi buah naga membantu mengurangi kolesterol. Meskipun kolesterol bukan masalah utama bagi bayi karena mereka masih tumbuh dan berkembang, tetap penting untuk memilih makanan dengan kolesterol rendah hingga tanpa kolesterol.

6. Memiliki sifat antioksidan yang kuat

Buah naga adalah salah satu buah yang dikenal dengan antioksidannya yang tinggi. Buah dengan antioksidan tinggi akan sangat baik untuk kesehatan bayi.

Manfaat antioksidan dalam buah naga antara lain mencegah kanker, menghilangkan radikal bebas, mencerahkan warna kulit, dan sebagainya.

7. Membantu menghilangkan toksin dari tubuh

Bayi dan balita biasanya memiliki resistensi yang lebih rendah terhadap zat berbahaya dan dapat lebih mudah terinfeksi oleh mikro organisme. Orang tua atau pengasuh harus memastikan bayi tidak bersentuhan dengan mikro organisme yang menghasilkan racun.

Namun, jika sudah terlambat, buah naga bisa menjadi solusi terbaik. Menurut para ahli kesehatan, buah naga membantu menghilangkan racun dan zat berbahaya lainnya dari tubuh melalui hati. Itu juga karena buah naga mengandung banyak antioksidan.

8. Membantu mencegah kanker

Menurut beberapa penelitian, buah naga kaya akan antioksidan dan fitokimia yang membantu menghilangkan zat karsinogenik dalam tubuh.

Buah naga juga mengandung vitamin B2, vitamin C, fosfor, dan kalsium dalam jumlah tinggi yang sangat membantu menghilangkan toksin dan mencegah kanker.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi

Anda tidak harus menunggu sampai bayi lebih besar untuk peduli dengan sistem kekebalan tubuhnya. Disarankan untuk merawat imunitas bayi dengan baik untuk mencegah berbagai penyakit.

Itu karena buah naga mengandung nutrisi yang sangat sehat dan bermanfaat, seperti vitamin, mineral, serat, antioksidan, dll.

10. Membantu mencegah obesitas

Meskipun buah naga rasanya manis, ternyata gulanya rendah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bayi Anda menjadi gemuk di masa depan. Namun, seperti makanan bayi lainnya, buah naga harus dikonsumsi dalam porsi yang lebih kecil. [KM-01]

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
January 31, 2020 at 11:40AM
https://ift.tt/3b79Jyq

10 Manfaat Buah Naga untuk Bayi - KabarMedan.com
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "10 Manfaat Buah Naga untuk Bayi - KabarMedan.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.