Search

Enak dan Sehat, Bisnis Jus Buah Sangat Menguntungkan - Okezone

JAKARTA - Jus buah dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Dengan modal tak mahal, bisnis ini dapat mendapatkan keuntungan yang banyak.

Jus buah disukai banyak kalangan, terbukti ada di pedagang kaki lima hingga restoran mewah. Hal ini dikarenakan rasanya yang enak dan baik untuk tubuh. Maka dari itu, akan ada banyak yang membeli jus buah.

Untuk memulai usaha aneka jus buah tidak diperlukan biaya yang besar. Namun, perlu memperhatikan beberapa hal ini.

Baca Juga: Beda Bisnis Kos-kosan dan Kontrakan, dari Dapur hingga Uang Sewa

Pertama, ada beberapa buah yang ada di musim tertentu, seperti mangga dan durian. Keberadaan buah yang bersifat musiman sering membuat harga buah tidak stabil. Hal inilah yang menjadi kendala usaha ini.

Agar produk yang dijual tampil beda, dapat disiasati dengan menyimpan buah-buahan tersebut di dalam freezer agar awet. Sehingga konsumen tetap bisa membeli jus buah yang diinginkannya.

Baca Juga: Mau Bisnis Jus? Pemilihan Buah yang Paling Penting!

Ada beberapa buah yang hanya tahan dalam dua atau tiga hari. Cara menyiasatinya adalah pilih buah yang tua, tetapi tidak terlalu masak. Hal ini dilakukan agar buah bisa dipakai dalam beberapa hari.

Harga jual jus bervariasi, tergantung dari jumlah variasi buah dan jenis buah. Jika jus terdiri dari lebih dari satu jenis buah, bisa dipastikan harganya lebih mahal. Jus dengan harga murah dapat disiasati dengan memilih jenis buah yang murah.

Cara lainnya yaitu dengan menambahkan air dan es dalam jumlah banyak, tetapi tetap perhatikan kualitas jus buah. Sebaiknya jus buah dikemas dalam wadah cup yang diseal rapat. Tujuannya agar jus buah tidak mudah tumpah. Jika ingin minum, tinggal melubangi tutup dengan sedotan, sehingga pembeli dapat menikmati jus di mana pun.

Bagi yang berminat berbisnis ini, disarankan jus dijual dalam kemasan siap saji yang disimpan di cooler box yang berisi es batu. Tujuannya agar kualitas jus buah tetap baik.

Seperti dikutip buku '38 Inspirasi Usaha Makanan Minuman untuk Home Industry Modal di Bawah 5 Juta' karya Yuyun A. yang terbit tahun 2010, berikut ini langkah-langkah dalam memulai bisnis jus buah.

Biaya produksi selama satu bulan

1. Buah mangga (9 kg x Rp5.000 per kg x 26 hari): Rp1.170.000

2. Gula pasir (3 kg x Rp7.500 per kg x 26 hari): Rp585.000

3. Air matang (6 liter x Rp125 per liter x 26 hari: Rp19.500

4. Es batu (100 plastik x Rp250 per plastik x 26 hari): Rp650.000

5. Gelas cup, sedotan, plastik sealer (60 buah x Rp1.125 per buah x 26 hari): Rp1.755.000

6. Biaya listrik: Rp104.000

Total: Rp4.283.500

Harga pokok per cup

= total biaya produksi sebulan : jumlah produksi sebulan

= Rp4.283.500 : 1.560

= Rp2.746

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
February 01, 2020 at 02:19PM
https://ift.tt/2S5VbWY

Enak dan Sehat, Bisnis Jus Buah Sangat Menguntungkan - Okezone
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Enak dan Sehat, Bisnis Jus Buah Sangat Menguntungkan - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.