Search

Tanami Lahan Tak Produktif, 2250 Pohon Buah Disiapkan Koptan Tani Wibawa Mukti Ciamis - Harapan Rakyat

Kelompok Tani WIbawa Mukti
Bibit buah yang dipersiapkan oleh Kelompok Tani Wibawa Mukti Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Upaya pemanfaatan lahan kosong untuk menjadi lahan produktif terus dilakukan. Salah satunya oleh Kelompok Tani Wibawa Mukti di Dusun Sukaratu, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Kelompok tani ini telah mempersiapkan ribuan pohon buah-buahan siap tanam.

Uus, ketua Kelompok Tani Wibawa Mukti, mengatakan, bibit pohon buah-buahan yang telah dipersiapkan yaitu, pohon sirsak sebanyak 1000 pohon, durian 300 pohon, Matoa 100, nangka 100, mangga 150 pohon, jambu krista 150 pohon, petai 200 pohon, lengkeng 100 dan rambutan 150 pohon, dengan jumlah keseluruhan 2250 pohon.

“Penanaman bibit pohon buah-buahan ini ditujukan untuk melestarikan ekosistem yang ada di wilayah Dusun Sukaratu,” kata Uus, Jum’at (24/1/2020).

Menurutnya, dengan memanfaatkan lahan tidak produktif dan menjadikannya sebagai lahan yang produktif merupakan cara yang efektif, daripada sekedar membiarkannya begitu saja.

“Meski, keuntungannya tidak seperti halnya membalikkan telapak tangan, dalam waktu jangka panjang akan menjadi sumber penghasilan para petani,” katanya.

Uus menambahkan, bibit pohon buah-buahan yang dipersiapkan oleh kelompok Tani Wibawa Mukti tidak lain untuk merevitalisasi lahan tidak produktif menjadi kebun yang bermanfaat.

Sementara itu, Rudiatna, PPL setempat, membenarkan, kelompok Tani Wibawa Mukti telah mempersiapkan bibit buah-buahan untuk ditanam di lahan tidak produktif.

“Sebagai penyuluh sudah seharusnya saya berkewajiban untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang persoalan pertanian. Terlebih, masih banyak lahan kosong atau tidak produktif yang seharusnya bisa dimanfaatkan,” paparnya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
January 24, 2020 at 02:24PM
https://ift.tt/38x9Q4b

Tanami Lahan Tak Produktif, 2250 Pohon Buah Disiapkan Koptan Tani Wibawa Mukti Ciamis - Harapan Rakyat
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tanami Lahan Tak Produktif, 2250 Pohon Buah Disiapkan Koptan Tani Wibawa Mukti Ciamis - Harapan Rakyat"

Post a Comment

Powered by Blogger.