Search

Mengenal 11 Tipe Jeruk Mandarin, Buah yang Selalu Hadir saat Imlek - Okezone

Asli dari Asia Tenggara lalu dibudidayakan dalam jumlah besar di Tiongkok dan Jepang, kini jeruk mandarin telah menyebar jauh ke seluruh dunia. Buah ini juga menjadi variabel penting dalam perayaan Imlek.

Bentuk jeruk Mandarin yang bulat dengan warna kuning keemasan dianggap sebagai sesuatu yang menguntungkan, melambangkan kekayaan dan nasib baik. Secara teknis, buah satu ini juga punya ukuran yang pas sebagai hantaran untuk diberikan kepada orang lain ataupun untuk dikonsumsi pribadi.

Ketika perayaan Hari Raya Imlek, di supermarket dan pasar-pasar tradisional hadir banyak varian jeruk mandarin yang walau tampak sama luarnya tapi sebetulnya berbeda satu sama lain. Mengutip Asiaone, Jumat (17/1/2020) yuk simak ulasan 11 tipe jeruk mandarin, buah penting di sajian perayaan Imlek.

1. Ponkan

Jeruk Mandarin Ponkan

Berukuran sekitar tujuh hingga delapan sentimenter, dengan bentuk montok. Saat Imlek, jeruk Ponkan disebutkan paling populer karena segar, berair, kulitnya mudah dikupas dan punya rasa yang manis . Tapi karena jeruk Ponkan sifatnya tidak terkonsentrat, maka tidak bisa dimakan sedikit demi sedikit berulang kali.

2. Lukan

Jeruk Mandarin Lukan

Secara ukuran sama dengan jeruk Ponkan, tekstur kulitnya sedikit kasar dan sedikit berkerut, namun mudah untuk dikupas. Dari segi rasa, jeruk Lukan punya rasa yang sedikit lebih ringan dibandingkan Ponkan, dengan semburat asam dan agak manis. Kulitnya sangat harum, tapi terlalu lembut dan pahit jika digunakan sebagai bahan masakan.

3. Swatow

Jeruk Mandarin Swatow

Ukurannya sama dengan Lukan dan Ponkan, tapi tekstur kulitnya lebih tebal, kasar, sehingga lebih sulit untuk dikupas. Rasanya pun tidak terlalu manis, tapi bagian dagingnya terasa lebih kenyal. Di sisi lain, keunggulan jeruk ini adalah memiliki masa usia yang lebih panjang ketimbang jeruk mandarin lainnya. Bisa awet hingga dua sampai tiga pekan loh!

Let's block ads! (Why?)



"buah" - Google Berita
January 17, 2020 at 03:36PM
https://ift.tt/2u3Q9lF

Mengenal 11 Tipe Jeruk Mandarin, Buah yang Selalu Hadir saat Imlek - Okezone
"buah" - Google Berita
https://ift.tt/2ZJsuGa

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengenal 11 Tipe Jeruk Mandarin, Buah yang Selalu Hadir saat Imlek - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.